Sabtu, 05 Februari 2011

Mengembalikan Password Wordpress

hemm..pagi pagi males nulis basa basi, hehe. Langsung aja ya sesuai judu,

Adakalanya kita lupa dengan sesuatu. namanya juga manusia. Tapi bagaimana kalo anda sampe lupa dengan passowrd atau username yang amat begitu penting, repot gak tuh ?

Oke back to topik, kali ini saya akan menjelaskan salah satu cara untuk mengembalikan / menangani masalah loss password pada wordpress melalui phpmyadmin. Oke pertama yaang harus anda siapkan adalah anda harus tau nama database yang anda gunakan untuk wordpress anda, karna di dalam database itulah password dan username anda disimpan. terus gimana donk kalo lupa?

- Nama database Bisa dilihat di root direktori instalasi WordPress
- Cari File wp-config.php
- cari baris " DB_NAME " di dalam file wp-config.php
- Nama database yang anda gunakan adalah tepat berada disebelah tulisan 'DB_NAME',

contoh : ('DB_NAME', 'domainku');

nama databasenya andalah " domainku "
oke udah paham kan? saya harap anda sudah menemukannya.

selanjutnya masuklah ke cpanel phpMyadmin , saya tidak peduli hosting apa yang anda gunakan,carilah panel phpMyadmin. tapi kalo di komputer local phpmyadmin bisa diaksess dengan mengetikan http://localhost/phpmyadmin/

- selanjutnya masuk ke database wordpress anda, klik nama databasenya.
- perhatikan nama tabel wp_users. silahkan masuk ke tabel tersebut.(klik atau browse )

Yang muncul selanjutnya adalah tabel dengan field sebagai nama kolom beserta isi datanya, yaitu data user blog WordPress. Jika ada beberapa, pastikan user mana yang akan diubah username untuk login dan/atau password-nya. Jika sudah dipastikan, pada baris data user tersebut silahkan edit / klik icon pensil. Dengan mengklik ikon Edit tersebut, maka akan membuka halaman untuk mengubah data user yang dipilih.

silahkan ubah datanya pada kolom value sesuai keinginan anda tapi sebainya dengan memahami strukture dibawah ini terlebih dulu.

user_login = usernama yang digunakan untuk log in (defaultnya "admin")
user_pass = ini merupakan data password yang digunakan, disimpan dengan teknik pengkodean MD5

untuk mengubah password kita isikan dengan password baru yang akan digunakan, kita ketikkan apa adanya, namun pada pilihan Function-nya kita pilih MD5. Sesudah itu klik tombol Go untuk menyimpan perubahan data user tersebut. Selanjutnya silahkan dicoba melakukan login ke blog WordPress dengan username dan/atau password baru. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

if you wanna back link Read this please :
To Put Your Link inside in your name, chose "Name/URL" on "Beri komentar sebagai :" . :) you can chose many method how you will give comment. Thanks for you visit. I will visit you soon ^_^