Senin, 07 Februari 2011

Eropa hambat pertumbuhan ekonomi global

Pertumbuhan ekonomi global akan melambat di 2011 karena kelesuan di Eropa dan Jepang akan mengurangi dampak kepesatan ekonomi India dan China, menurut Conference Board of Canada dan RBC Capital Markets.

“Dengan pertumbuhan diperkirakan membaik di AS tahun ini, kondisi di Eropa belumlah menggembirakan, kata ekonom Kip Beckman dalam laporan ekonomi Conference Board yang tertuang dalam Winter Outlook. Menurutnya, pemerintah Eropa dalam tekanan untuk mengurangi defisit dan utang,

Tingkat pertumbuhan ekonomi global akan melambat jadi 3,4% di 2011 dari 4% di 2010 karena kombinasi program pengetatan anggaran dan pembatasan kredit yang dijalankan di Eropa. Oleh karena itu, lembaga itu memperkirakan pertumbuhan di Eropa melambat jadi 1,4% di 2011 dari 1,6% di 2010.

Gejolak di Timur Tengah diperkirakan tidak akan mempengaruhi kinerja ekonomi global kecuali membuat harga minyak naik signifikan dalam waktu yang substansial.

Selain Eropa, faktor lain yang dapat menghambat ekonomi global adalah Jepang, yang PDB-nya diperkirakan melambat ke 1,1% di 2011 dari 3,5% di 2010/

Sementara itu, Survei Global tahunan yang dilaksanakan RBC, berdasarkan wawancara terhadap 461 praktisi keuangan dan bisnis di seluruh dunia, menunjukkan 32% menunjuk Eropa sebagai kawasan yang prospek ekonomi memburuk tahun ini, sedangkan 28% menyebut Jepang dan Amerika Utara.

Conference Board dan RBC memprediksikan India dan China masih menjadi mesin pertumbuhan global. Hasil survei RBC memperlihatkan 77% responden mengatakan prospek ekonomi India akan lebih baik tahun ini dari tahun lalu. Sedangkan 76% responden mengatakan begitupun dengan prospek ekonomi China.

Conference Board memperkirakan PDB riil di kawasan Asia Pasifik akan tumbuh 5,1% tahun ini. PDB China akan sedikit melambat ke 9,1% tahun ini dari 10,1% tahun lalu. Sedangkan ekonomi India diperkirakan tumbuh 8,5% tahun ini, sama seperti tahun lalu.

Source : seputarforex

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

if you wanna back link Read this please :
To Put Your Link inside in your name, chose "Name/URL" on "Beri komentar sebagai :" . :) you can chose many method how you will give comment. Thanks for you visit. I will visit you soon ^_^