Selasa, 11 Januari 2011

Keuntungan Dan Resiko Obligasi

Melanjutkan posting sebelumnya berikut adalah keuntungan dan juga resiko jual beli obligasi :

Keuntungan Obligasi

- Memberikan Pendapatan tetap (fixed income) berupa kupon. Hal ini merupakan ciri utama obligasi, dimana pemegang obligasi akan mendapatkan pendapatan berupa bunga secara rutin selama waktu berlakunya obligasi.

- Bunga yang ditawarkan obligasi, umumnya lebih tinggi daripada bunga yang diberikan deposito. Sebagai tambahan, pembayaran bunga obligasi harus didahulukan sebelum perusahaan membayar dividen kepada pemegang saham.

- Dalam posisi perusahaan penerbit mengalami likuidasi atau bubar, maka pemegang obligasi memiliki hak yang lebih tinggi atas kekayaan perusahaan dibanding dengan pemegang saham.

- Keuntungan atas penjualan obligasi (capital gain). Di samping penghasilan kupon, pemegang obligasi dapat memperjualbelikan obligasi yang dimilikinya.

- Jika ia menjual lebih tinggi dibanding dengan harga belinya maka tentu saja pemegang obligasi tersebut mendapatkan selisih yang disebut dengan capital gain.

Jual beli obligasi dapat dilakukan di pasar sekunder melalui para dealer atau pialang obligasi. Jual beli obligasi berbeda dengan jual beli saham. Jika jual beli saham dinyatakan dengan nilai rupiah misalnya saham A dijual seharga Rp 3.000 per saham, maka jual beli obligasi dinyatakan dalam bentuk prosentase atas harga pokok obligasi.


Resiko Obligasi

- Risiko perusahaan tidak mampu membayar kupon obligasi maupun risiko perusahaan tidak mampu mengembalikan pokok obligasi. Ketidakmampuan perusahaan dalam membayar kewajiban dikenal dengan istilah default.

- Walaupun jarang terjadi, namun dapat saja suatu ketika penerbit obligasi tidak mampu membayar baik bunga maupun pokok obligasi. Jika penerbit obligasi tidak mampu membayar bunga, maka biasanya pembayaran bunga ditangguhkan atau diundur sesuai kesepakatan dengan para pemegang obligasi.

- Risiko Tingkat Suku Bunga (interest rate risk). Pergerakan harga obligasi sangat ditentukan pergerakan tingkat suku bunga.

- Pergerakan harga obligasi berbanding terbalik dengan tingkat suku bunga; artinya jika suku bunga naik maka harga obligasi akan turun, sebaliknya jika suku bunga turun maka harga obligasi akan naik.

Pengertian Obligasi
Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi Keuntungan Dan Resiko Obligasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

if you wanna back link Read this please :
To Put Your Link inside in your name, chose "Name/URL" on "Beri komentar sebagai :" . :) you can chose many method how you will give comment. Thanks for you visit. I will visit you soon ^_^